Sabtu, 23 Agustus 2014

An Gong Niu Huang Wan 安宫牛黄丸 - Mitos dan Khasiatnya yang Sebenarnya

Angong Niuhuang Wan. Resep mujarab yang mampu membangkitkan orang dari kejadiaan saat stroke - bila seseorang terkena stroke; seluruh tubuh kejang-kejang dan gemetaran, tiba-tiba pingsan, disertai mulut berbusa, mata terpejam atau mendelik ke atas, segera minumkan Angong Niuhuang Wan dan niscaya si penderita akan membaik dalam jangka waktu relatif singkat.

Karena terlalu mujarab resep ini, masyarakat menjadi sangat memujanya, bahkan acap kali menambahkan mitos-mitos yang berlebihan. Ada yang bilang Angong Niuhuang Wan dapat digunakan untuk pingsan dalam segala kondisi, bukan hanya pingsan karena stroke saja. Ada yang mengatakan, Angong Niuhuang Wan bisa mencegah stroke, jadi seseorang dapat mengonsumsi Angong Niuhuang Wan walaupun dalam keadaan sehat wal'afiat. Bahkan ada juga yang menyarankan seseorang yang menderita batuk-batuk untuk meminum angong Niuhuang Wan!

Telah banyak pasien dan murid-murid dalam kursus TCM yang menanyakan ini kepada saya, maka saya pun tergerak untuk membuat penjelasan tentang Angong Niuhuang Wan beserta kebenaran mitosnya yang dashyat.

Pertama-tama, saya harus membahas dulu komposisi Angong Niuhuang Wan. Angong Niuhuang Wan mengandung: Niuhuang, Xijiao, Huanglian, Huangqin, Shanzhi, Yujin, Zhusha, Xionghuang, Shexiang, Bingpian dan Zhenzhu. Sifatnya sejuk, indikasinya adalah untuk menyembuhkan syndrome panas dalam selaput jantung, dengan gejala demam tinggi, coma delirium, convulsion, mulut dan lidah kering, tenggorokan suara TAN berdenging. Dalam penggunaan medis barat, penderita infeksi, epidemic cerebrospinal meningitis, crisis of epidemic encephalitis B, pneumonia, scarlet fever, hepatic coma, demam tinggi yang diakibatkan campak pada anak-anak dan sebagainya yang tergolong TAN panas tertahan dalam interior.

Yang saya perlu beri tekanan dalam pembahasan di sini adalah komposisinya. Niuhuang, Zhusha, Xionghuang dan Shexiang adalah obat-obatan bersifat keras. Xionghuang sendiri lebih banyak digunakan untuk pemakaian luar; Niuhuang, Shexiang dan Zhusha selalu digunakan dalam dosis amat kecil (tidak melebihi 3 g). Ini menyiratkan, obat-obatan ini berdosis keras dan penggunaan yang berlebihan akan berdampak sangat buruk (mungkin meracuni) tubuh. Bahkan anjuran pemakaian pun menyuruh penderita menghentikan pemakaian tepat setelah pemakaian berhasil, jadi jelas tidak boleh digunakan bagi orang yang sehat wal'afiat, tidak peduli alasan apapun.

Lalu dalam TCM, penting untuk diketahui bahwa pakar TCM menyembuhkan penyakit bukan berdasarkan symptomatik, melainkan berdasarkan syndrome - syndrome TCM. Walaupun sama-sama pingsan, namun harus dibagi lebih terperinci lagi; apa yang menjadi penyebab pingsan tersebut? Apakah pingsan karena syndrome Panas? Atau syndrome Dingin? Atau syndrome Kekurangan Darah? Atau yang lainnya? Berbeda patogenesis, berbeda lagi obat yang dipakai. Jadi, semisal ada seseorang yang pingsan karena pendarahan, maka yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahannya, dan formulanya pun lain - kita biasa menggunakan Yunnan Baiyao 云南白药. Apalagi untuk menyadarkan orang yang pingsan karena kedinginan (misalnya terperangkap dalam badai salju, dsb), Angong Niuhuang Wan sama sekali tidak cocok karena ia bersifat sejuk. Bisa saudara bayangkan apa yang terjadi bila kita memberikan sesuatu bersifat sejuk pada orang yang tengah menggigil kedinginan?

Lebih-lebih untuk menghentikan batuk. Mungkin bila seseorang menderita batuk akibat pneumonia, atau panas tinggi, Angong Niuhuang Wan bisa meredakan. Namun bila batuk bukan karena hal tersebut, Angong Niuhuang Wan jelas tidak cocok dipakai. Ini mungkin timbul dari salah kaparah orang-orang yang amat mendewakan Angong Niuhuang Wan.

Jadi, bagi saudara sekalian hendaknya berhati-hati dalam mendengarkan saran orang-orang di sekitar Anda.

1 komentar:

  1. Suhu kami mengucapkan banyak terima kasih banyak yang suhu Tuliskan Disini membuat inspirasi bagi kami dan menambah wawasan lebih luas kalau mau kursus Bagaimana caranya dan di mana alamatnya terima kasih

    BalasHapus