Sabtu, 23 Agustus 2014

Jawaban Studi Kasus - Part 1

(WARNING: Tulisan berikut terutama ditujukan bagi para praktisi TCM atau pelajar yang minimal telah mencapai semester 2 kelas TCM. But... bila Anda merasa tingkat kemampuan TCM Anda sudah tinggi, sangat saya persilakan untuk membaca blog ini.... So, enjoy!)

Ini adalah pembahasan soal studi kasus TCM, saya bagi dalam beberapa bagian karena pembahasan akan cukup panjang. So, selamat mengikuti...



1.      Tuan Wang, pria 44 tahun. Batuk kering selama beberapa tahun belakangan. Tenggorokan kering dan sakit, bibir dan hidung juga kering, tiada dahak, atau kalaupun ada sangat sulit dikeluarkan, mulut terasa kering, disertai hidung tersumbat, lidah merah selaput lidah putih tipis kering, nadi mengambang cepat.

Nama Penyakit: Batuk; Syndrome Kering Menyerang Paru-Paru
Patogenesis: Angin Kering Menyerang Paru-Paru, Paru Kehilangan Daya Melembabkan dan Menjernihkan
Formula: Sang Xing Tang modifikasi
    Sangye 10 g, Xingren 3 g, Shashen 10 g, Beimu 19 g, Douchi 10 g, Li pi (kulit pir) 3 g, Zhizi 3g
   Boleh ditambah dengan :
    Bohe 3 g untuk menyelaraskan Hati dan Membebaskan Biao
    Xingren 9 g, Qianhu 10 g, Niubangzi 10 g untuk Batuk
    Tianhuafen 12 g, Lugen 15 g untuk menambah cairan
    Maidong 10 g, untuk cairan terkuras terlihat dari lidahnya yang kering dan kurang selaput.

2.       Tuan Zhang, pria 55 tahun. Telah lama mengidap asma, dan tak kunjung sembuh, sering kumat, apalagi pada saat musim berubah menjadi musim gugur dan dingin (di Indonesia: bila memasuki ruangan ber-AC yang sangat dingin atau hujan dan cuaca menjadi dingin). Seminggu belkangan ini asma semakin sering kumat, nafas memburu, tidak dapat berbaring, dari tenggorokan terdengar suara bengek, dada sangat sesak, walaupun sudah minum obat dokter tetap saja tidak kunjung sembuh. Kemarin saat tengah malam asma akut, cuping hidung sampai bergerak-gerak, nafas memburu dada sampai tinggi, keringat mengalir bagaikan butiran mutiara (besar-besar), muka merah, gelisah tak keruan, bibir dan lidah ungu kehijauan, tangan dan kaki dingin bagaikan es, nadi mengambang besar namun tiada akar.

Asma; Syndrome Yang Jantung Nyaris Terkuras
Patogenesis: TAN dan kekeruhan berlebih, Menutup Indera Jernih, Paru dan Ginjal Defisien, Qi dan Yin Terluka, Yang dan Jantung Ginjal Lemah
Obat:    Renshen 6 g, Zhi Fuzi 6g, Gancao 5g, Shanzhuyu 10 g, Wuweizi 6g, Maidong 10 g, Dongchong xiacao 6g, Gejie 3 g (dijadikan puyer).

3.        Nyonya You, wanita 37 tahun.  Jantung berdebar 3 tahun. Keadaan saat ini: jantung berdebar, tidak bisa tenang, mudah takut dan terkejut, tidak bisa duduk dan tidur dengan tenang, bila diberi kejutan debaran jantung akan semakin menjadi, lidah pucat selaput putih, nadi cepat lemah.

Jantung Berdebar; Syndrome: Defisiensi Jantung dan Kandung Empedu
Patogenesis: Defisien Qi dan Xue, Defisien Jantung dan Kandung Empedu, Shen dan Jantung Kacau
Formula: An Shen Ding Zhi Wan
     Longchi (direbus terlebih dahulu) 12 g, Hupo 12 g, Suanzaoren 15 g, Yuanzhi 6g, Fushen 12 g, Renshen 9g, Fuling 9 g, Shanyao 12 g, Tiandong 15g, Shengdi 15 g, Shudi 15 g, Rougui 6 g, Wuweizi 3 g.

4.       Nyonya Lu, wanita 36 tahun. Jantung berdebar, disertai pandangan berkunang, lemas dan tidak bertenaga, pencernaan lemah, penyakit sudah berlangsung lima tahun. Hasil pemeriksaan: rona wajah tidak bercahaya, kuku pucat, selaput lidah merah pucat, nadi tipis lemah.

Jantung Berdebar; Syndrome: Defisien Xue Jantung
Patogenesis: Defisiensi Xue Jantung Tidak Mampu Memelihara Jiwa
Formula: Gui Pi Tang modifikasi
     Baizhu 3g, Danggui 3g, Huangqi 3g, Longyanrou 3g, Bai Fuling 3g, Yuanzhi 3g, Suanzaoren 3g, Renshen 6g, Muxiang 1,5 g, Zhi Gancao 1g

5.       Nyonya Wang, wanita 54 tahun. Tahun-tahun belakangan ini akibat bekerja terlalu keras, dalam satu tahun ini merasakan tubuh tak bertenaga, mudah lelah, kadang-kadang bagian jantung terasa seperti teriris-iris – galau. Dan setengah bulan ini dada kiri terasa nyeri walau masih bisa ditahan, disertai kegelisahan, nafas pendek, keringat spontan, dan sering terjadi saat terlalu lelah. Lidah merah pucat, tubuh lidah gemuk, terdapat bentuk gigi di bagian samping, selaput putih tipis, nadi lembut tipis dan Jie-Dai.

Xiong Bi. Syndrome: Defisien Qi Jantung
Patogenesis: Qi Jantung Defisien Tidak Dapat Memacu Pembuluh Darah
Obat: Dangshen 12 g, Huangqi 15g, Zhi Gancaom3g, Rougui 3g, Shengjiang 3 lembar, Dazao 3 butir, Xiaomai 12 g. Perhatian: Xiaomai di sini digunakan untuk menenangkan SHEN dan mengatasi gangguan seperti sukit tidur, jantung berdebar dan gelisah.

(Bersambung ke Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar