Sabtu, 23 Agustus 2014

Teori Konstitusi Tubuh




Kali ini, menyambung dari blog yang lalu, saya ingin membahas lebih lanjut mengenai pentingnya perbedaan kondisi tubuh antar manusia. Dalam TCM, teori ini disebut Teori Konstitusi Tubuh 体质学说. 

Teori Konstitusi Tubuh adalah salah satu teori penting dalam TCM, yang mengklasifikasikan berbagai kondisi dasar tubuh manusia yang berbeda-beda baik secara fisiologis maupun patologis. Dari variasi kondisi tubuh tersebut kemudian disimpulkan metode terapi yang paling cocok untuk satu kondisi tubuh tertentu.


Setiap manusia dilahirkan berbeda-beda
Keadaan tubuh manusia berbeda satu dengan yang lainnya. Dari jenis kelamin; ada pria dan wanita (bahkan ada pula yang bukan keduanya). Dari usia; ada bayi, anak-anak, dewasa dan lansia. Kemudian masih banyak perbedaan lain seperti perbedaan ras, suku bangsa, tempat tinggal, pola makan dan minum, keadaan status sosial, ada tidaknya kelainan tubuh/penyakit bawaan dari lahir, keadaan psikologis, dan sebagainya. Karena itulah, bisa terjadi perbedaan dalam kondisi kesehatan seseorang. Pernahkah saudara perhatikan, ada beberapa orang yang sepertinya selalu sehat, sangat jarang jatuh sakit, dan walaupun ia jatuh sakit namun sakitnya tidak lama dan ia biasa cepat sehat kembali. Namun ada juga orang yang sedikit-sedikit mudah jatuh sakit dan mudah tertular penyakit. Beberapa orang mengalami kecenderungan mudah menderita suatu penyakit (misalnya orang yang langganan terkena flu; atau langganan batuk; atau langganan sakit pinggang; dsb).

Bila kita tidak jeli dan mengabaikan perbedaan ini akan sangat fatal akibatnya. Misalnya seseorang yang imunitas tubuhnya lemah dan mudah jatuh sakit, bila memaksakan diri bekerja sama kerasnya dengan orang dengan imunitas tubuh sehat, justru bukan kesuksesan yang didapat malahan akan semakin banyak menghabiskan uangnya untuk ke rumah sakit. Oleh karena itu penting bagi saudara-saudara, baik sebagai terapis ataupun yang hanya ingin menjaga kesehatan tubuhnya, untuk memperhatikan konstitusi tubuh anda dengan lebih seksama.

Dalam Teori Konstitusi Tubuh, ada delapan macam tipe tubuh manusia. Ke delapan macam konstitusi tersebut adalah sebagai berikut:

Konstitusi Ideal 平和质 (A型)
Keadaan tubuh: kondisi Yin, Yang, Qi dan Darah seimbang; berat badan ideal, rona wajah merah cerah; ceria dan bersemangat, tubuh sehat bugar.
Penampilan: warna wajah dan kulit cerah, rambut sehat berkilau, sinar mata cerah, tidak mudah lelah, bersemangat, kuat terhadap perubahan cuaca, cukup tidur, nafsu makan baik, BAB dan BAK normal
Psikologis: ceria dan mudah berlapang dada
Mudah tidaknya terkena penyakit: jarang terkena sakit
Adaptasi terhadap lingkungan: baik terhadap lingkungan alam maupun sosial, kemampuan adaptasinya sangat baik

Konstitusi Defisiensi Qi 气虚质 (B型)
(Qi boleh dipahami sebagai "substansi terkecil penyusun tubuh manusia yang tak kasat mata, mempunyai sifat seperti gas yang berfungsi sebagai energi" - banyak disebut sebagai "tenaga dalam". Defisiensi Qi berarti defisiensi akan enegeri tenaga dalam).

Keadaan tubuh: kekurangan Qi; mudah lelah, selalu lemah, letih, lesu.
Penampilan: otot tubuh lembek dan tidak kekar, suara biasanya rendah/kecil/sukar didengar, malas bicara, sulit konsentrasi, mudah berkeringat (biasanya keringat dingin).
Psikologis: inferior, dan lebih pendiam.
Mudah terkena penyakit: flu, turun berok, wasir; penyakit sukar membaik.
Adaptasi terhadap lingkungan: tidak tahan terhadap angin, dingin, lembab dan panas.

Konstitusi Defisiensi Yang 阳虚质 (C型)
(Yang; salah satu elemen dari Yin-Yang, dimana Yang menunjukkan hal yang berenergi lebih tinggi seperti bergerak, arah keluar, arah ke atas, hangat panas, terang benderang, merangsang dsb). 

Keadaan tubuh: kekurangan Yang; mudah merasa kedinginan (biarpun udara tidak terlalu dingin), telapak tangan dan kaki tidak sehangat orang lainnya.
Penampilan: otot tubuh lembek dan tidak kekar, tubuh dingin, telapak tangan dan kaki tidak hangat, menyukai makanan/minuman hangat - makanan yang dingin akan membuatnya sakit (seperti sakit perut dsb), sulit konsentrasi.
Psikologi: tenang; inferior.
Mudah terkena penyakit: muntaber, diare, oedema, sakit pinggang, serta flu bersifat dingin.
Adaptasi terhadap lingkungan: tahan cuaca panas tidak tahan cuaca dingin; rentan terhadap angin, dingin dan lembab.

Konstitusi Defisien Yin 阴虚质 (D型)
(Yin, salah satu elemen dari Yin-Yang; di mana Yin menunjukkan energi lebih rendah, seperti berdiam diri, arah ke dalam, ke bawah, dingin, gelap, menggumpal, tertekan dan lembab)

Keadaan tubuh: kekurangan Yin; mulut dan tenggorokan kering, telapak tangan dan kaki terasa panas, hidung cenderung kering, menyukai makanan/minuman dengan suhu lebih dingin, sulit BAB.
Psikologi: terburu-buru, mudah gelisah, ekstrovert, lincah dan tidak suka berdiam diri.
Mudah terkena penyakit: mudah lelah, beser mani, mudah ereksi, insomnia, serta flu bersifat panas.
Adaptasi terhadap lingkungan: tahan cuaca dingin tidak tahan cuaca panas, rentan terhadap panas dan kering.

Konstitusi Lembab 痰湿质 (E型)
Keadaan tubuh: tubuh dikuasai patogen lembab, dengan gejala-gejala yaitu bertubuh gemuk, malas bergerak, tubuh terasa berat bagaikan sedang menggendong air, mulut terasa lengket ataupula banyak air liur, keringat terasa lengket menempel di kulit, dada sesak, batuk berdahak banyak, sering mengonsumsi makanan berlemak serta manis.
Penampilan: bertubuh gemuk, perut buncit/kembung, kulit di wajah berminyak.
Psikologi: umumnya ramah, tenang, penyabar.
Mudah terkena penyakit: obesitas, diabetes, stroke dsb.
Adaptasi terhadap lingkungan: rentan saat musim penghujan dan tidak cocok tinggal di daerah lembab 

Konstitusi Lembab-Panas 湿热质 (F型)
Keadaan tubuh: tubuh dikuasai patogen lembab dan panas, dengan gejala yaitu mulut terasa pahit dan kering, mudah jerawatan,BAB terasa lengket, kering, dan sulit dikeluarkan, volume BAK sedikit, warna urine kekuningan, pada pria penis msering terasa lembab/basah, pada wanita sering keputihan.
Penampilan: ukuran tubuh sedang, atau cenderung kurus.
Psikologi: mudah gelisah dan marah
Mudah terkena penyakit: jerawat, hepatitis, anyang-anyangan, dll
Adaptasi terhadap lingkungan: tidak kuat cuaca yang lembab serta panas.

Konstitusi Stagnasi Darah 血瘀质 (G型)
Keadaan tubuh: aliran darah tidak lancar; warna bibir pucat gelap, biasanya punya riwayat luka traumatis (seperti terjatuh, terbentur, tertabrak dsb), pada wanita menstruasi tidak lancar dan pada saat menstruasi biasanya diiringi rasa sakit.
Penampilan: bertubuh kurus lebih banyak dijumpai.
Psikologi: mudah gelisah, pelupa.
Mudah terkena penyakit: nyeri di bagian anggota tubuh tertentu atau seluruh tubuh.
Adaptasi terhadap lingkungan: tidak tahan terhadap rasa dingin.

Konstitusi Stagnasi Qi 气郁质 (H型)
Keadaan tubuh: aliran Qi tidak lancar dengan gejala yaitu dada sesak, sering menghela nafas.
Penampilan: lebih banyak yang bertubuh kurus.
Psikologi: introvert, mudah tertekan dan depresi,sering berpikir/berprasangka, sensitif, tidak pernah merasa gembira, sering mengeluh, mudah marah karena hal sepele.
Mudah terkena penyakit: neurosis, depresi, chronic fatigue syndrome dll.
Adaptasi terhadap lingkungan: emosi yang sensitif mengakibatkan tidak kuat menghadapi masalah dalam hidup

Konstitusi Bawaan Lahir 特禀质 (I型)
Keadaan tubuh: terdapat kelainan tubuh, atau mengidap alergi tertentu. Alergi banyak dijumpai pada asma, biduran, mudah bersin, hidung mudah tersumbat dll.
Penampilan: pada pengidap alergi tidak ada bentuk kelainan fisik yang khusus; pada kelainan bawaan terdapat bentuk fisik yang berbeda tergantung kelainan yang diderita.
Psikologi: tergantung pada kelainan yang diderita. Emosi lebih sensitif.
Mudah terkena penyakit: 1. Pada alergi, bila terkena hal-hal perangsang (misalnya serbuk bunga, bulu binatang, makanan laut dsb) akan menimbulkan alergi; 2. Beberapa penyakit bawaan lahir misalnya diabetes, darah tinggi, kanker dsb; 3. Tumbuh kembang anak terlambat, yaitu terlambat bicara, berdiri, tumbuh rambut, tumbuh gigi dan bicara.
Adaptasi terhadap lingkungan: rentan terhadap penyakit. Banyak hal yang mudah menimbulkan kumatnya gangguan, baik alergi, penyakit bawaan dsb. Karenanya perlu lebih menjaga diri dengan penuh kehati-hatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar