Sabtu, 23 Agustus 2014

SHEN (spirit of life)

Buat  pembaca yang terhormat, kali ini kita akan membahas salah satu materi yang paling bisa dikatakan paling penting,  yaitu SHEN? udah penah denger belum? haha mungkin diantara pembaca mungkin baru mendengar istilah ini, oke, dengan mengucapkan BISMILLAHIROHMANNIROHIM, yo mari-mari kita bahas !!! yang cemungut ya bacanya :)

           Dalam arti luas,  Shen menandakan manusia dalam keadaan hidup atau bernyawa.  Dalam arti sempit, Shen merupakan semangat & aktivitas kejiwaan.  Shen berdampingan dengan raga atau tubuh.  Shen dimanifestasikan melalui tubuh dan tubuh yang sehat mengekspresikan Shen yang baik.

Shen bersumber dan dibentuk dari Jing bawaan, yang kemudian mendapat tunjangan nutrisi dari Jing yang didapat yaitu berupa Jing makanan & minuman.  Jika Jing cukup, maka tubuh kuat dan keadaan Shen baik, begitu pula sebaliknya.  Qi membentuk Shen & Shen mengandalkan Qi.  Qi, Jing dan Shen merupakan komponen penting yang membentuk jiwa raga manusia.

Dengan mengamati Shen, kita dapat mengetahui keadaan Jing dan Qi.  Shen merupakan ekspresi dari keadaan organ Zang Fu, maka dari pengamatan Shen juga dapat diketahui keadaan organ Zang Fu.  Dalam buku Nei Jing dikatakan bahwa “Siapa yg mempunyai Shen, maka ia dapat hidup dan apabila Shen hilang, maka ia akan mati”.  Shen bersumber dari sinar mata, karena mata merupakan jendela dari Shen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar